Filled Under:

Kitab Fathul Bari

Kitab Fathul Bari
Add caption

Pengarang   :  Ibnu Hajar Al-Asqalani
Judul asli     :  Fath Al-Bari bisyarhi Shahih Al-Bukhari
Negara         :  Mesir
Bahasa         :  Bahasa Arab (utama) dan berbagai bahasa.
Subjek          :  Hadits, Aqidah, Fiqih
Genre           :  Syarah
Penerbit Berbagai penerbit
Tanggal rilis :   circa 773-852 H / 1372-1449 M
Didahului Shahih Al-Bukhari
Diikuti "At-Tanbih 'ala al-Mukhalafat al-Aqidah fi Fath al-Bari" oleh Ibnu Baz dan Ali bin Abdul Aziz bin Ali Asy-Syibil
Download Terjemahan  ( dengan Klik di Jilid )
Peterjemah : Amiruddin LC & Team Azzam
Jilid 1 , Jilid 2 , Jilid 3 , Jilid 4 ( Dipecah menjadi 3 download an )
Jilid 4A , Jilid 4B , Jilid 4C

Fathul Bari (Arab: فتح الباري‎) atau lengkapnya berjudul "Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhari" adalah Kitab yang sangat penting kedudukannya pada kalangan ahlussunnah yang dikarang oleh Al-Hafiz Ibnu Hajar Al-Asqalani. Kitab ini sangat masyhur dan telah dijadikan rujukan oleh kaum Muslimin baik dikalangan santri maupun muslim awam, karena merupakan Kitab Penjelasan (Syarh) dari kitab Shahih Bukhari. Penyusun kitab ini membutuhkan waktu hingga 25 tahun untuk menyelesaikannya, ia mulai mengerjakannya sejak tahun 817 H ketika itu ia berumur 44 tahun dan diselesaikannya pada bulan Rajab 842 H.
Mukadimah kitab ini berjudul Hadyus Sari, mencakup 10 pasal yang digunakan sebagai landasan untuk memahami isi kitab Fathul bari.

Penulisnya adalah dua orang Ulama yang pakar di bidangnya , Kitab ini mempertemukan dua ulama terbaik di bidang hadits yang keilmuan keduanya telah diakui kompetensinya dikalangan umat Islam. Yaitu Imam al-Bukhari, yang digelari dengan Amirul Mukminin dalam bidang hadits; dan Imam Ibnu Hajar al-‘Asqalani, yang digelari al-Hafizh. Gelar al-hafizh bagi seorang ahli hadits hanya disematkan kepada yang mampu menghafal 100.000 hadits, baik Sanad maupun matannya. Karya besar dia selain Fathul Bari adalah Bulughul Maram min Adillatil Ahkaam,

Menggabungkan dua kitab monumentalKitab hadits ini dianggap monumental juga karena kitab ini menggabungkan dua karya terbaik dalam bidang hadits. Kitab Asal (Matan) kitab ini, yaitu Shahih Al-Bukhari, telah diterima oleh semua kalangan umat Islam. Mereka menyebut Shahih Bukhari sebagai kitab yang paling shahih setelah al-Qur-an dan diposisikan teratas daripada kitab-kitab hadits lain. Maka kitab syarahnya sangat diperlukan untuk dapat memahami makna-makna yang terkandung di dalam Sahih Bukhari secara benar dan mendalam. Dan syarah terbaik untuk kitab Shahihul Bukhari, adalah kitab Fathul Bari ini.

Metode penyusunan  , Fathul Baari merupakan kitab paling paripurna dalam syarah hadits sehingga segala hal berkaitan dengan syarah hadits hampir semuanya didapatkan di sini. Sehingga para ulama memujinya:“Laa hijrata ba’dal Fathi" (Tidak perlu ber-hijrah ke kitab Hadits lain selama ada Fathul Bari"). 
Pembahasan masalah yang ditinjau dari ilmu bahasa; definisi masing-masing istilah secara lughawi (etimologi) dan syar’i (terminologi), perbandingan redaksi riwayat-riwayat, penjelasan kaidah ushul fiqih, pengungkapan keterangan ilmu hadits: sanad dan matannya, hingga pelajaran penting dan hikmah hadits.

Script

3 comments:

Terima Kasih Atas Komentar yang sekaligus sebagai Informasi dan Diskusi Kita , Bila Belum ada Jawaban Akan secepatnya ditindaklanjuti